5 Tempat Ini Wajib Anda Kunjungi Kala Ke Aceh Selatan

Share:
loading...

Pejalan Kaki - Urusan untuk jalan-jalan ataupun treveling sudah menjadi kesukaan semua orang. Bagaimana tidak? Yang namanya jalan-jalan ituloh. Banyak hal yang dapat kita lihat dari setiap perjalanan yang kita lakukan. Seperti kebudayaan, keunikan, cerita, maupun yang khas dari daerah tersebut.

Kali ini saya akan memberikan rekomendasi bagi anda seorang treveling jika hendak ke Aceh Selatan. Aceh Selatan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia.

Ada banyak destinsi wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati setiap pengunjung yang datang.

1. Tapak Tuan Tapa

Tapak Tuan Tapa | Foto : Pejalan Kaki

Keberadaan sebuah tapak kaki raksasa yang sangat fenomenal di telinga masyarakat, tersohor hingga ke mancanegara, jejak telapak kaki ini menjadi daya tarik Kabupaten Aceh Selatan atau sering disebut dengan kota Naga, telapak kaki raksasa ini memiliki lebar 2,5 meter dan pajangnya sekitaran 6 meter.

Tapak raksasa tersebut tidak terlepas dari kisah “legenda Tuan tapa dan dua ekor naga” yang mengisahkan hidupnya seorang petapa yang memiliki badan raksasa yang sedang bersemedi  di sebuah gunung.

2. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tingkat Tujuh| Foto : Visit Aceh Selatan


Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan air terjun alami di Aceh Selatan, dengan tujuh tingkatan berbeda dan memiliki kolam dengan air yang sejuk dari pegunungan.  Sudah kebayangkan gimana kesejukan dari air terjun ini?


Air Terjun Tujuh Tingkat terletak di Gampong Batu Itam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Untuk menuju ke tempat wisata ini, pengunjung terlebih dahulu harus menempuh jarak sekitar 8 kilometer atau dengan melakukan perjalanan kurang lebih 10 menit dari pusat Kota Tapak Tuan.

Pulau Dua Aceh Selatan | Foto : Sutan Hengki

Selain ada cerita legenda, air terjun, Kabupaten yand dijuluki kota naga ini juga terdapat keindahan pulau yang  tak kalah dari pulau didaerah lain. Orang sering menyebutnya pulau dua.

Pulau Dua ini terletak di kecamatan Bakongan Timur, Aceh Selatan. Jarak yang ditempuh kurang lebih 1 jam lebih dari pusat kota Tapak Tuan. Pulau ini disebut pulau dua karena letaknya yang berdekatan dengan pulau yang sama di sebelahnya.

Pulau ini dipenuhi dengan pohon kelapa. Dinamakan pulau dua karena pulaunya yang berdampingan antara yang satu dengan yang lain. Ibaratnya bagaikan pasangan yang tak terpisahkan dan selalu berdekatan.


Benteng Kuta Batee

Benteng Kuta Batee merupakan Situs sejarah peninggalan masa kerajaan Trumon. Benteng Kuta Batee menjadi bukti sejarah untuk dunia bahwasanya, di dataran ini pernah ada sebuah kerajaan yang patut dikenal.

Bangunan yang yang terlihat kokoh ini terletak di desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan. Untuk  menuju ke benteng tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 menit dari desa Pulo Paya, kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

5. CRU Trumon

Gajah di CRU Trumon  | Foto : Acehselatannews

Nah, kali ini saya tidak membahas tentang laut, gunung, sejarah ataupun legendanya. Akan tetapi kita akan bermain dengan mamalia bertubuh besar ini , siapa lain kalau bukan Gajah.

Hewan jinak ini ditempatkan di daerah yang rawan konflik dengan mamalia besar ini. Akan tetapi, kita juga bisa berkunjung untuk mengenal lebih dekat lagi dengan hewan ini.

Conservation Response Unit (CRU) ini terletak di Desa Naca Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.

Semoga dapat membantu menambah daftar perjalan anda kala mengunjungi kota Tuan Tapa ini.

loading...

3 komentar: