Benteng Indrapatra, Situs Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Aceh

Share:
loading...
Benteng Indrapatra | Teuku Emy

Menjadi salah satu benteng peninggalan kerajaan Hindu di Aceh, sampai saat ini kita masih bisa melihat lebih dekat dan menikmatinya. Benteng kokoh ini diberi nama Benteng Indrapatra.

Selain Benteng Indrapatra, ada juga beberapa benteng peninggalan zaman Hindu-Budha di Aceh yang disebut juga Trail Aceh Lhee Sagoe, diantarnya Benteng Indrapuri dan Indrapurwa.

BACA : Melihat Lebih Dekat Benteng Peninggalan Kerajaan Trumon

Benteng Indrapatra ini terletak di pinggir Pantau Ujong Batee, Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh besar.

Tampak Dalam Benteng Indrapatra | Teuku Emy

Untuk menuju ketempat bersejarah itu kita harus menempuh dengan dengan jarak 24 KM dengan memerlukan waktu 37 Menit dari pusat Kota Banda Aceh.

BACA : Masjid Tuha Indrapuri, Masjid Bekas Candi di Aceh

Namun seiring berjalannya waktu,  kondisi benteng tersebut hanya tersisa 2 buah saja, yang awalnya berjumlah 4 buah benteng. 

Bangunan Menyerupai Kubah | Teuku Emy

Dalam benteng utama terdapat beberapa bangunan yang menyerupai kubah dabn terdapat sumur. Konon dulunya digunakan sebagai tempat penyucian sebelum melaksanakan ibadah.

BACA : [FOTO] Suasana Masjid Tuha Indrapuri di Aceh Besar

Tepat disamping benteng utama terdapat benteng kedua yang didalamnya memiliki 3 bunker pertahan. Pada masa dulu, bunker ini digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan pelurunya.

Teuku Emy
Bunker di Benteng Indrapatra | Teuku Emy

Sampai saat ini, pemerintah menetapkan benteng ini menjadi cagar budaya. Banyak pengunjung yang datang untuk melihat bahkan mengenal sejarah.
loading...

3 komentar: