Bermain dan Mengenal Gajah di CRU Sampoiniet Aceh Jaya

Share:
loading...

Pertama kalinya aku ke Aceh Jaya ketika masih di bangku perkuliahan. Saat itu Himpunan Mahasiswa Jurusan membuat kegiatan sejenis Communiaction Camp bagi mahasiswa baru dan pengurus himpunan.

Kala itu mahasiswa barunya angkatan 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya.

BACA : Sensasi Luar Biasa Mandi Kolam Alami dan Naik Gajah di Sampoiniet

Kali kedua saya berada di CRU Sampoiniet ini lumayan cukup lama, sekitar 45 hari. Waktu selama itu bukanlah untuk bermain ataupun liburan, namun aku dan beberapa kawan melaksanakan pengabdian kepada masyrakat. Ini menjadi kewajiban sebagai mahasiswa akhir untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tingggi.


Namun disela-sela kesibukan pengabdian di lingkungan masyrakat, kami menyempatkan untuk mengunjungi salah satu eko wisata yang ada di daerah tersebut yaitu CRU Sampoiniet namanya.

CRU Sampoiniet tersebut merupakan tempat beberapa gajah jinak berada yang digunakan sebagai bentuk upaya mengurangi konflik mamalia besar ini penduduk setempat.

BACA : Menikmati keindahan Air Terjun Ceurace di Aceh Jaya



CRU Sampoiniet ini terletak di Desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoinet, Kabupaten Aceh Jaya. Berjarak sekitar 3 kalau kita berangkat dari Kota Banda Aceh.

Di CRU Sampoiniet terdapat 4 Ekor gajah jinak yang masing-masingnya mempunyai nama, diantaranya Ajiz, Ollo, Issabela dan Jojo. Keempat ekor gajah ini dikomandoi oleh mahoutnya masing-masing.

BACA : Nikmatnya Kopi Khop di Lereng Tebing Gunung Geureute

CRU Sampoiniet ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu dilingkupan Aceh Jaya saja, ada juga diluar Aceh Jaya, bahkan ada yang datang turis dari mancanegara.

Sebagai eko wisata, CRU Sampoiniet ini sangat bermanfaat bagi setiap pengunjung, karena bisa berinteraksi secara langsung dan belajar tentang mamalia besar ini.

Video Keseruannya:



loading...

Tidak ada komentar