Masjid Tuha Indrapuri, Masjid Bekas Candi di Aceh

Share:
loading...
Masjid Tuha Indrapuri tampak Samping

Satu minggu lalu saya ikut menemani kawan melakukan penelitian di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indrapuri. Selepas melakukan itu semua kami melangkah keluar dari perkarangan menuju beberapa destinasi wisata maupun kuliner yang ada di Indrapuri.

Cuaca panas matahari menyorot tepat ke kulit, serasa panas tak terhingga. Namun tak ku pedulikan itu. Tetap pada tujuan awal yaitu mengunjungi Mssjid Tuha Indrapuri.

Dulunya masjid Kuno Indrapuri adalah sebuah candi dari Kerajaan Hindu Lamuri sekitar abad ke-12 Masehi dan merupakan tempat pemujaan sebelum agama Islam masuk.

Tampak depan Masjid Indrapuri

Masjid Tuha Indrapuri ini terletak di Desa Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. 

Lokasi masjid tidak jauh dari jalan raya Banda Aceh-Medan, kurang lebih sekitar 150 meter memasuki persimpangan pasar Indrapuri.

Seluruh bangunan masjid berkontruksi kayu dengan beberapa ukiran tradisional bernuansa Arab. Menambah keindahan masjid tuha ini. Meskipun sudah lama, namun masjid ini masih terlihat kokoh.

Suasana di dalam Masjid Indrapuri

Masjid Tuha ini memiliki tinggi bangunannya mencapai 11,65 meter. Memiliki 36 tiang penyangga berikut kuda-kuda penopang atap. 

Hawa sejuk dalam masjid tersebut menghilang semua rasa panas yang awalnya hampir membakar kulit.

Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat musyawarah serta menetapkan raja pada zaman Kesultanan Aceh Darusalam.

Berikut Videonya : 


loading...

1 komentar: