Haus Akan tempat Wisata? Banda Aceh Punya Segalanya

Share:
loading...


Provinsi Aceh merupakan wilayah yang terletak di ujung Pulau Sumatera. Meskipun terletak di ujung, tidak membuat daerah ini tertinggal dari segi apapun. Aceh memiliki banyak pesona destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh setiap orang kala ke Aceh.

Aceh juga memiliki banyak daerah yang mempunyai ragam budaya,adat istiadat maupun destinasi wisatanya. Salah satunya ialah Kota Banda Aceh. Kota yang sudah berumur ke-814 tahun ini merupakan ibukota provinsi Aceh.

Kota Banda Aceh pernah mengalami masa sulitnya, dimana, banyaknya jiwa yang melayang, bangunan infrastrukurnya hancur dan berbagai tempat luluh lantah dan rata dengan perut bumi akibat bencana alam yaitu tsunami yang melanda kota tua ini.

Namun, saat ini Kota Banda Aceh sudah sangat berkembang pesat, berbagai pembangunan  juga sudah dilakukan. Tidak kalah dengan itu, Kota Banda Aceh juga sudah berbenah diri untuk meraup wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kota bersejarah ini. Salah satunya ialah disegi destinasi wisatanya yang kini kian berkembang.

Berbagai cara juga dilakukan oleh pemerintah untuk mempromosikan hal tersebut. Di samping itu, saya selaku warga yang berdomisili di Kota Banda Aceh tidak membiarkan pemerintah bekerja sendirian, saya juga harus ikut andil dalam mempromosikannya.

Kota Banda Aceh banyak memiliki objek wisata religi, kuliner, sejarah maupun wisata alam. Berikut tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika datang ke Banda Aceh:

Masjid Raya Baiturahman sebagai wisata Religi



Tidak sah ke Banda Aceh jika anda tidak menyambangi Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh. Masjid yang menjadi landmarknya kota Banda Aceh menjadi masjid kebanggan seluruh masyarakat Aceh.

Dulunya, Masjid yang menjadi Icon nya kota Banda Aceh ini pernah bakar oleh pihak Belanda pada saat penyerangan ke Koetaradja (Banda Aceh) pada 10 April 1873. Hancurnya bangunan Masjiid yang menjadi kebanggaan mayarakat Aceh tersebut, memicu meletusnya amarah masyarakat Aceh untuk melakukan perlawanan.

Mayarakat Aceh berjuang untuk mempertahankan Masjid hingga titik darah penghabisan. Pada pertempuran yang terjadi tersebut, pihak Belanda kehilangan seorang panglima, yaitu Major General Johan Harmen Rudolf Köhler pada 14 April 1873.

Pantai Ulee Lheu sebagai wisata Laut

FOTO: BPBD Kota Banda Aceh

Keindahan alam yang dimiliki Kota Banda Aceh memang sungguh mempesona dan memiliki daya tarik tersendiri. Tak akan ada habisnya untuk menikmati dan menulusuri semua pesona alam di Kota Banda Aceh. Salah satu wisata yang menjadi andalannya kota ini Pantai Ulee Lheu.

Memiliki letak yang strategis dan dekat dari pusat Kota Banda Aceh membuat Pantai Ulee Lheu menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu sore sembari menunggu senja. Secara geografi, Pantai Ulee Lheu ini terletak di Desa Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Menikmati keindahan panorama pantainya saja tak akan cukup, di pantai ini juga tersedia bebagai jenis kuline yang dijajakan di sepanjang jalan Ulee Lheu, seperti Menikmati kelapa muda, jagung bakar, sate, siomay dan berbagai makanan ringan juga disediakan.

Meseum Tsunami Aceh sebagai wisata Sejarah Tsunami



26 Desember 2004 lalu, menjadi hari yang masih sangat melekat didalam pikiran masyarakat Aceh. Bagaimana tidak, pada saat itu terjadi sebuah peristiwa besar yang menyebabkan ratusan ribu korban jiwa dan harta benda hilang yaitu gempa bumi dan tsunami.

Anda ingin menyaksikan atau sekedar mengingat peristiwa tersebut, Pemerintah Aceh telah membangun Meseum Tsunami Aceh. Meseum ini dirancang sebagai simbolis untuk bencana gempa dan tsunami.

Bangunan yang memiliki luas 2.500 m² ini, sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat jika tsunami kembali terjadi. Selain itu, dalam Meseum tsunami juga terdapat banyak benda-benda peninggalan dari bencana tsunami.

Mie Aceh Sebagai Wisata Kuliner

FOTO : Astrid Huang

Mie Aceh sudah menjadi kuliner bersejarah di Kota Banda Aceh. Mie Aceh tidak susah kita jumpai di Koetaraja ini, sudah di semua warung kopi tersedia kuliner ini. Kuliner yang cita rasanya yang dapat menggugah selera, Mie Aceh juga termasuk kedalam kuliner yang kaya akan rasa khas, kaya rempah dan pedas.

Selain itu, di Banda Aceh juga terdapat warung Mie Razali yang merupakan warung Mie Aceh legendaris yang ada di Kota Banda Aceh.  Mie Razali ini sudah terkenal se Antero Aceh. Tidak sampai di situ, Mie Aceh ini langganan para pejabat termasuk Presiden Republik Indonesia saat ini yaitu Joko Widodo.

Bumbu mie Aceh itu sendiri diracik dengan berbahan cabai merah, bawang putih, kemiri, ketumbar,merica, jahe, dan rempah-rempah lainnya yang kemudian digiling halus sehingga berwarna merah.

Rugi bagi anda yang berkunjung ke Banda Aceh jika tidak mencicipi kuliner legendaris yang ada di Bumi Serambi Mekkah ini.

Kampung Tanpa Kumuh sebagai wisata yang Instagramable di Banda Aceh



Lukisan Mural dan Rumah Warna-warni menjadi Wisata Baru yang Instagramable yang hadir di Kota Banda Aceh. Tampak rumah Warni-warni dan berbagai mural tergambar di dinding rumah warga, menambah keindahan  tempat tersebut.

Tempat wisata baru ini Letaknya ada di Bantaran Krueng Dho, Lorong Kerinci, Desa Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Dulunya daerah ini terkenal dengan kumuh, karena berada di dekat sungai. Namun, Pemerintah Kota Banda Aceh sudah menyulap tempat ini menjadi objek wisata yang memiliki spot foto yang instagramable.

Saya selaku warga Kota Banda Aceh bangga menjadi bagiannya. Bagi anda yang haus akan tempat wisata, tak perlu risau karena Kota Banda Aceh memiliki apa yang akan anda cari. Tunggu Apalagi, ‘Ayo ke Banda Aceh’.  


loading...

Tidak ada komentar