Liburan Ke Aceh Selatan? Jangan Lupa Kunjungi CRU Trumon

Share:
loading...
Gajah-gajah yang ada di CRU TRumon | Foto: Mongabay. co. id

Trumon Tengah - Ketika melintasi jalan Tapak Tuan menuju Subulussalam,  anda akan menjumpai gapura yang bertuliskan masuk di kawasan koridor ekosistem Leuser Naca, Trumon. 

Terlihat pepohonan berdiri berbaris di pinggir kiri dan kanan badan jalan, seakan menyambut kedatangan siapa saja yang melintas. 

Dalam kawasan koridor Ekosistem Louser tersebut terdapat sebuah tempat untuk pengkaran gajah jinak.  Mamalia berbadan besar tersebut digunakan untuk menghalau gajah-gajah liar demi mengurangi konflik dengan masyarakat.

Salah satu diantara lima ekor gajah yang ada di CRU Trumon

Tempat ini ialah Conservation Respons Unit (CRU)  Trumon.  Di CRU ini terdapat 5 ekor gajah jinak, satu diantaranya ialah bayi gajah yang berumur 2 tahun. Bak orang, Gajah-gajah tersebut juga memiliki nama tersendiri. 

Letak CRU Trumon 

Untuk dapat datang ke sini,  CRU Trumon terletak di Kawasan Louser Gampong Naca, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan. 

Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Tapak Tuan mencapai 86 KM atau sekitar 1 jam 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. 

Sekarang, CRU Trumon sudah menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat setempat maupun pengunjung dari luar untuk bersahabat dengan mamalia besar itu.

Salah satu pengunjung cilik di CRU Trumon

Banyak pengunjung yang datang untuk melihat secara langsung gajah beserta bayinya. Tempat ini menjadi wahana belajar sambil bermain dengan gajah. 

Pengunjung dapat secara langsung naik ke gajah dengan di pandu oleh sang mahout (sebutan untuk sang pawang gajah) .

Untuk menaiki gajah, cukup mengeluarkan biaya Rp. 10.000 per orang, para pengunjung sudah di bawa berkeliling di lingkungan CRU tersebut.

Bagi anda yang ingin melihat langsung gajah, tak ada salahnya berkunjung ke CRU Trumon. (*)
loading...

1 komentar: