FOTO: Melihat Lebih Dekat Masjid Tgk. Chik Kuta Karang

Share:
loading...
Tampak Depan Masjid Tgk. Chik Kuta Karang yang terletak di Desa Ulee Susu, Aceh Besar. FOTO/JAKWISATA
JAKWISATA.COM - Cuaca dilangit Aceh Besar tak begitu panas. terlihat juga sekelompok orang lagi menyelesaikan pekerjaannya di Belakang Masjid Tgk. Chik Kuta Karang.

Masjid ini didirikan oleh Teungku Chik Kuta Karang sekitar tahun 1860, dan telah direnovasi pada tahun 1997.

Kubah Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. FOTO/JAKWISATA
Kondisi masjid tidaklah sempurna seperti dulu. akan tetapi sejarahnya masih terasa sangat kental.

Masjid Tgk. Chik Kuta Karang terletak di Desa Ulee Susu Kemukiman Kuta Karang, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 

Tgk. Chik Kuta Karang merupaka seorang ulama yang lahir di Kabupaten Aceh besar,tepatnya di Kuta Karang. namun, tidak ada data pasti yang menuliskan kapan beliau dilahirkan.

Tampak dalam kubah Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. FOTO/JAKWISATA
Teungku Chik Kuta Karang memiliki bebarapa karya antara lain Kitab ar-Rahmah yang membahas tentang ilmu kedokteran dan obat-obatan. Siraj az-Zulam fi ma‘rifat Sa‘adi wa an-Nahas yang berisi tentang ilmu hisab dan perbintangan. 

Pintu Masuk Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. FOTO/JAKWISATA
Kitab ‘Ilmu Falak wal Mikat yang membahas tentang ilmu astronomi. Taj al-Mulk yang berisi tentang astronomi dan pertanian. Sebagian dari naskah ini masih ada di Dayah Babussalam, Lam Kunyet, Ulee Susu. Namun sayang kondisinya sudah banyak yang dimakan rayap. (Tim Penulis IAIN Ar-Raniry, 2004: 63).

Salah satu Pintu di Masjid Tgk. Chik Kuta Karang yang Sudah Rusak. FOTO/JAKWISATA
Teungku Chik Kuta Karang berpulang ke rahmatullah pada bulan November tahun 1895. Beliau tidak sempat mengembangkan ilmunya lebih jauh sebagaimana yang dilakukan ulama lain setelah perang. 

Sampai saat ini, masjid tersebut tidak lagi digunakan untuk tempat ibadah. akan tetapi sudah dibangun masjid yang berbahan berton di sampingnya.(*)

Tempat yang digunakan untuk berwudhu terletak di samping masjid Tgk. Chik Kuta Karang. FOTO/JAKWISATA

Masjid Tgk. Chik Kuta Karang. FOTO/JAKWISATA
Dikutip dari berbagai sumber
loading...

Tidak ada komentar