Nikmatnya Sambal Ganja Khas Aceh yang Buat Lidah Bergoyang

Share:
loading...
Sambal Ganja Aceh.  FOTO: id.tastemade.com
JAKWISATA.COM - Sambal sudah menjadi ciri khas dalam suatu hidangan makanan. Adanya sambal membuat menu hidangan tersebut terasa lengkap. 

Berbagai macam sambal dapat kita jumpai. Di setiap daerah juga memiliki sambal unggulannya. Namun uniknya di Aceh ada sambal 'Ganja' namanya. 

Mendengar nama ganja pasti kita tak asing lagi dengan tanaman yang memabukkan.  Ganja merupakan jenis narkoba yang dilarang. 

Akan tetapi sambal Ganja di Aceh ini halal dan dapat dikonsumsi. Bahkan sambal ini sangat digandrui semua orang. 

Sambal Ganja ini bukanlah daun Ganja sebenarnya yang digunakan sebagai bahan racikannya, melainkan hanya nama bekennya saja dikarenakan rasanya yang bisa membuat penikmat sambal ini ketagihan.

Bahan Sambal Ganja

Di Aceh sendiri, masyarakat sering menyebutnya asam Udeung,  yakni sambal mentah yang bahan dasarnya itu udang dan belimbing wuluh. 

Bahan Sambal Ganja Aceh.  FOTO: cookpad.com

Bahan lainnya ialah cabe rawit, bawang merah,  garam,  gula pasir,  serai, daun jeruk dan minyak sayur.

Kemudian semuanya dicampur dengan rempah-rempah yang telah disiapkan sehingga menghasilkan rasa sambal yang begitu menggoda.

Belimbing wuluh digunakan sebagai pembangkit rasa asam dan udang sebagai penonjol rasa gurih, sambal ganja paling sering dinikmati dengan nasi putih yang masih panas.

Jik anda berkunjung ke Aceh sambal unik ini patut dicoba atau bisa mencobanya sendiri di rumah. (*)

loading...

Tidak ada komentar