7 Tempat Wisata di Aceh yang Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Share:
loading...

JAKWISATA.COM - Liburan akhir tahun 2019 akan segera tiba. Hal ini sudah menjadi yang ditunggu-tunggu setiap orang. Sudah saatnya anda mempersiapkan tujuan untuk berlibur dengan keluarga atau bersama sahabat.

Provinsi Aceh cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan anda. Aceh sendiri merupakan wilayah paling ujung Sumatera. Banyak destinasi wisata yang indah dan pastinya menarik bisa anda kunjungi.

Berikut JAKWISATA merekomendasikan beberapa tempat wisata yang ada di Aceh untuk menikmati liburan akhir tahun ini.

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Terletak di ujung Sumatera membuat daerah ini memiliki banyak potensi wisata yang mempesona. Daerah ini banyak dikunjungi oleh pengunjung, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Pulau Rubiah namanya. Lautnya yang memiliki warna kebiruan dan pasirnya yang putih sangat mempesona untuk dinikmati. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan snokling untuk melihat ikan-ikan kecil nan indah.

Pulau ini berada di sebelah barat-laut dari pulau Weh. Untuk menuju Pulau Rubiah, Anda dapat melalui rute dari Banda Aceh Menuju Pulau Weh dengan menggunakan kapal ferry atau kapal cepat.

Waktu yang ditempuh jika menggunakan kapal ferry lambat sekitar 90 menit, untuk kapal cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sesampainya di Pulau Weh, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju ke Pulau Rubiah dengan menggunakan perahu motor yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Tugu Kilometer 0 Indonesia

Merekam gambar di Tugu 0 Kilometer Indonesia di Sabang. FOTO:Teuku Emy/JAKWISATA
Tugu ini pertama kali diresmikan pada tanggal 9 September 1997 oleh wakil presiden yang saat itu dijabat oleh Try Sutrisno.

Tugu Kilometer Nol ini berada di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Sabang menuju tugu monumental ini.

Tugu ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, dan sekarang memiliki wujud yang semakin megah. Mari ajak semua kawan terdekat untuk ke titik Nol Negara Indonesia ini.

Pantai Lampuuk

Keindahan Pantai Lampuuk. FOTO: Indonesia Kaya
Berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Pantai Lampuuk menjelma menjadi salah satu primadona wisata alam di Aceh.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Anda dapat menempuhnya menggunakan sepeda motor maupun mobil karena aksesnya yang tergolong mudah.
Pantai ini memiliki pasir yang putih dan airnya yang jernih. Selain itu, Pantai ini juga menjadi incaran peselancar untuk menguji ombak di Lampuuk.

Pantai Pasir Putih/Lhok Mee

Mengabadikan moment di Pantai Pasir Putih.  FOTO/JAKWISATA
Tersembunyi di balik bebukitan, Pantai Pasir Putih menawarkan eksotisme pantai yang begitu mempesona. Pasirnya yang putih seperti namanya. Pohon-pohon bakau juga mempercantik suasana pantai.

Destinasi ini terletak di balik Bukit Lamreh yang berlokasi di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Menghabiskan waktu kurang lebih  1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor jika dari arah Darussalam menuju Khaju dan mengikuti arah jalan sampai melewati Pelabuhan Malahayati.

Di samping jalan juga sudah terpasang papan nama, sehingga tidak membuat pengunjung kesusahan mencari objek wisata ini.

Danau Lut Tawar

Keindahan Danau Lut Tawar.  FOTO: M. Fadhil/WASATHA
Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. (wikipedia)

Puncak Pantan Terong

Menikmati sembari mengabadikan moment di Pantan Terong. FOTO: M.Fadhil/WASATHA
Berbicara mengenai Pantan Terong. Ini merupakan sebuah puncak bukit di Dataran Tinggi Gayo, yang terletak di kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Dari sinilah kita bisa menikmati keindahan kota dingin ini dan Danau Laut Tawar dari ketinggian.
Dari ketinggian lebih dari 1.830 meter dari permukaan laut, tak heran jika pantan terong ini menjadi spot terbaik untuk mengabadikan moment yang begitu indah. Perpaduan kota, danau dan perbukitan yang berbaris hijau.

Meseum Tsunami Aceh

Meseum Tsunami Aceh. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Bangunan ini dibangun setelah Bencana Tsunami menerjang Aceh. Pemerintah Aceh membangun Meseum Tsunami Aceh untuk dapat mengingat dan mengenang peristiwa besar ini. Meseum ini dirancang sebagai simbolis untuk bencana gempa dan tsunami.

Selain itu, Meseum ini juga dijadikan tempat edukasi tentang bencana dan termpat perlindungan darurat jika terjadi tsunami.

Luas Meseum Tsunami Aceh 2.500 m² dengan struktur empat lantai dan dinding lengkungannya ditutupi relief geometris.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo ke Aceh Sekarang dan nikmati semua keindahan alamnya. Dijamin tidak akan menyesal, Percayalah!.(*)

loading...

Tidak ada komentar