Destinasi Wisata Favorit di Trumon Tengah, Aceh Selatan

Share:
loading...
JAKWISATA.COM - Kabupaten Aceh Selatan terkenal dengan Legenda Tuan Tapa dan Dua Ekor Naga. Dan dari itu juga asal mulanya nama Kota Tapak Tuan.

Daerah ini juga terkenal dengan buah pala yang diolah menjadi berbagai macam olahan seperti Manisan Pala, Sirup Pala, bahkan sekarang ada Balsem Pala.

Tak hanya itu, kabupaten ini juga memiliki sektor pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya di pesisir pantainya saja, di pegunungan juga terdapat destinasi wisatanya.

Untuk destinasi wisata di Kabupaten Aceh Selatan itu tak hanya ada di pusat kota saja. Tetapi juga terdapat di pinggiran, seperti halnya di Kecamatan Trumon Tengah.

Berikut JAKWISATA merangkum beberapa tempat wisata di Trumon Tengah, baik itu yang sudah dapat dikunjungi orang maupun yang belum bisa diakses oleh orang banyak. 

CRU Trumon

Gajah di CRU Trumon, Aceh Selatan. FOTO: Irwansyah Putra/ANTARA
Anda mau melihat Gajah secara langsung?  Nah, anda tak salah memilih Trumon Tengah sebagai tempat liburan berakhir pekan. Disini ada sebuah tempat penangkaran Gajah jinak yang dapat didatangi orang setiap harinya.

Di CRU ini anda bisa berinteraksi langsung dengan gajah seperti menaiki gajah, memberi makan gajah, bahkan melihat gajah mandi. Etsss, tak perlu khawatir karena semua itu dipandu oleh sang Mahout (sebutan untuk sang pawang). 

Hewan bertubuh besar ini digunakan untuk mengahalau gajah liar yang masuk di kawasan permukiman warga. Selain itu bisa mengurangi konflik antara masyarakat dengan mamalia ini. 

Conservation Respont Unit (CRU) ini berada di kawasan Louser Trumon yang terletak di Gampong Naca, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Jarak yang harus ditempuh dari pusat Kota Tapak Tuan mencapai 86 KM atau sekitar 1 jam 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Tangga Seribu di Aceh Selatan. FOTO: Agustria
Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki bentuk yang menyerupai tangga yang dialiri air dari pegunungan. Bentuknya yang eksotis ini sangat indah untuk dinikmati.

Memang tak mudah untuk dapat menikmatinya. Kita terlebih dahulu harus menempuh perjalanan yang tergolong jauh dan penuh tanjakan. 

Tak hanya itu, jalannya yang masih licin terkadang membuat kita susah menempuhnya. Namun tak perlu khawatir, karena pemuda di gampong tersebut sudah menyediakan kendaraan yang dapat di sewa untuk menuju kesana, dan yang pastinya aman. 

Air terjun yang eksotis ini terletak di Gampong Ie Jeurengeh, Kacamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Air Terjun Louser Naca

Air Terjun Louser Naca di Aceh Selatan. FOTO: Musliadi 
Air Terjun yang terletak di Kawasan Pegunungan Desa Naca ini tidaklah setenar dengan tempat wisata yang diatas tadi. Namun tempat ini tak kalah indah jika di bandingkan.

Suasana hutannya yang lebat dan masih sangat asri membuat tempat ini sangatlah sejuk.

Untuk dapat menikmati dinginnya air terjun ini kita harus menempuh perjalanan menggunakan kaki karena medannya yang tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan.

Butuh waktu kurang lebih satu jam untuk dapat sampai. Sedikit melelahkan, tapi itu akan terbayar lunas dengan pesona dari air terjun ini. 

Waterboom Anugerah Jaya

FOTO: awis/JAKWISATA
Tempat yang satu ini sangat cocok untuk tempat liburan bagi anda yang membawa keluarga. Karena di Kolam ini terdapat dua buah kolam yang satunya khusus untuk anak-anak. 

Selain itu, di setiap kolam tersebut juga terdapat perosotan yang membuat mandi kolam anda menjadi seru. 

Tak perlu khawatir bagi sang ibu, disini juga tersedia makanan dan minuman dan pondok-pondok tempat bersantai. 

Letaknya yang berada di samping jalan nasional, tempat ini sangat mudah untuk dijumpai tepatnya di Samping Kantor PLN Cabang Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah. []

loading...

Tidak ada komentar