FOTO: Keindahan Danau Bungara, Danau Kedua Terluas di Provinsi Aceh

Share:
loading...
Keindahan Danau Bungara Aceh Singkil dari Ketinggian. FOTO: JAKWISATA/Nova Eliza
JAKWISATA,  Aceh Singkil - Anda pasti sudah mengetahui ataupun tidak asing lagi di telinga mengenai Danau terluas yang ada di Aceh. Yupp betul,  Danau Lut Tawar. Danau yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan dan membuat para pengunjung terpesona.

Siapa sangka, ternyata di Bumi Syeihk Abdurrauf juga terdapat danau yang luas, dan pastinya memiliki keindahan yang luar biasa. Danau Bungara namanya. Danau ini adalah danau kedua terluas di Aceh, setelah Danau Lut Tawar di Aceh Tengah.

Untuk menuju Lokasi

Danau Bungara merupakan salah satu Kampong yang ada di kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil. Danau Bungara juga sebagai pusat ibu kota kecamatan. Jaraknya dari pusat ibukota Aceh Singkil sekitar 76 Kilometer atau sekitar hampir 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Menikmati Keindahan Danau Bungara. FOTO: JAKWISATA/ Nova Eliza
Dilansir dari Serambinews.com, Menurut legenda, masyarakat di sekitar danau secara turun-temurun meyakini bahwa danau seluas 85,6 ha ini di dasarnya terdapat lubang yang tembus ke laut di sekitar Anak Laut Gosong Telaga, Singkil Utara, yang berjarak kira-kira 50 kilometer.

Fasilitas

Di Danau Bungara ini tersedia bebarapa pondok yang telah dibuat oleh pengelola agar pengunjung yang datang dapat berteduh. Selain itu, di tempat ini juga tersedia berbagai minuman dan makanan.

Pondok Apung di Danau Bungara Aceh Singkil. FOTO: JAKWISATA/ Nova Eliza

Untuk dapat menikmatinya, para pengunjung bisa berkeliling danau dengan perahu yang di rakit sendiri oleh warga setempat, namanya "Bungki Pelempoh Leja" (bahasa Singkil) yang artinya Perahu pelepas lelah/penat. Para pengunjung cukup membayar Rp 10.000/orang.

Mengabadikan moment di Atas Perahu Danau Bungara. FOTO: JAKWISATA/ Nova Eliza
Nova Eliza salah satu pengunjung sangat menikmati keindahan panorama yang ada di Danau Bungara ini. 

“Di tempat ini kita bisa merasakan ketenangan ditengah banyaknya pekerjaan di kantor. Selain itu, kita juga bisa mensyukuri nikmat yang Allah beri kepada kita,” ujar Nova sapaan akrabnya.

Nova berharap, keindahan alam yang ada di Danau Bungara ini harus tetap terjaga kelestariannya tanpa adanya pengrusakan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Danau Bungara. FOTO: JAKWISATA/ Nova Eliza

Untuk diketahui, Wisata Danau Bungara ini masih dikelola sendiri oleh warga kampung sekitar. Sayangnya, danau yang memiliki panorama yang indah ini belum banyak orang yang tau. Tunggu apalagi?ayo ke Aceh Singkil. []

loading...

1 komentar: