Meugang, Tradisi Unik Masyarakat Aceh Menyambut Bulan Puasa

Share:
loading...
Masyarakat sedang membeli daging untuk meugang. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
JAKWISATA.COM - Meugang atau lebih dikenal juga dengan istilah Makmeugang ialah sebuah tradisi unik yang ada di kalangan masyarakat Aceh saat menyambut bulan ramadhan tiba.

Meugang disini ialah dimana warga berlomba-lomba untuk membeli daging sapi maupun daging kerbau, yang nntinya akan diolah menjadi berbagai ragam masakan dan akan disantap bersama keluarga, kerabat dan juga bersedekah untuk anak yatim, dan fakir miskin.

Kepala Kerbau.  FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Moment meugang ini juga digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya keluarga yang jauh akan semua berkumpul di kampung halaman.

Dilansir dari Bisnis.com, meugang sudah ada sejak masa Kerajaan Aceh Darussalam ratusan tahun yang lalu. Kebiasaan ini bermula saat sultan memutuskan untuk membagikan daging, uang, hingga kain kepada kalangan fakir miskin, duafa, dan penyandang disabilitas.
Seorang penjual sedang memotong daging dagangannya. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Tradisi meugang ini sudah menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat, tak peduli daging tersebut mahal atau tidak. Karena bagian sebagian orang tidak lengkap rasanya menyambut bulan Suci Ramadhan tanpa daging meugang.

Selamat menyambut bulan Suci Ramadhan.


loading...

Tidak ada komentar