Masjid Tuha Pulo Kambing, Masjid Tertua di Aceh Selatan

Share:
loading...
Masjid Tertua di Aceh Selatan.  FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA

JAKWISATA.COM - Kabupaten Aceh selatan, tak hanya terkenal dengan cerita legendanya saja, akan tetapi masih banyak cerita lainnya yang dapat kita nikmati.  

Kali ini jak wisata akan mengulas sedikit sejarah mengenai Masjid tertua yang ada di Kabupaten ini. Masjid ini terletak di Desa Pulo Kambing, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Menurut cerita dari warga, kayu untuk pembuatan masjid ini di ambil dari dalam hutan langsung. Dulunya, Masjid ini didirikan tanpa menggunakan paku layaknya bangunan sekarang ini. 
Kubah Masjid Tertua di Aceh Selatan. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Masjid ini merupakan yang tertua di Aceh Selatan. Di bangun pada tahun 1351 masehi. Pendirinya merupakan seorang ulama yaitu Syeikh Husein Al Fanjuri bin Muhammad Alfajeri Kausar yang berasal dari negeri Persia. 

Masjid ini terdiri dari 4 tiang penyangga utama dengan ukiran kaligrafi di setiap tiangnya. Di dinding masjid ini juga terdapat lukisan asmaul Husna yang sangat indah.

Lukisan Kaligrafi Asmaul Husna di Dalam Masjid Tertua di Aceh Selatan. FOTO: Teuku Emy/JAKWISATA
Di salah satu tiang masjid, mengisahkan nama pendiri dan nama ulama beserta tukang pembuatan masjid tersebut dalam bahasa arab.

Masjid ini juga memiliki keunikan yaitu di salah satu tiangnya kerap mengeluarkan air dan oleh masyrakat telah membuatkan tempat penampungan. 

Hingga saat ini,  Masjid tersebut masih digunakan masyarakat setempat untuk beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya.  []

* Info dikutip dari berbagai sumber

loading...

Tidak ada komentar